Lagi iseng ni g ada kerjaan dikantor mau share aja,sekalian menuhin permintaan dari seorang kawan,kali ini mau share cara buat material rumput dan air di 3ds max dengan vray rendering. Ada 2 cara membuat material rumput,yang pertama pake vray displacement mod,keuntungannya make ini yaitu rendering lebih cepat,pengaturan lebih simple,tapi hasil nya kurang begitu realistis dibandingkan make vrayfur. Kalo make vrayfur hasilnya lebih mantep choi!!,tapi rendering nya jadi lama n pengaturannya juga lebih kompleks(ribet). Tapi kali ini aku cuma jelasin pake vray displacement mod ajahh, semoga kawan2 jelas...otree?!Lets start...
1. buat bidang yang akan diaplikasikan rumput(saat ini saya pake plane)seperti gambar dibawah.
2.buka material editor,klik standard button,kemudian pilih vraymtl.
3.pada rollout vraymtl klik box disamping diffuse,isikan material rumput yg dipilih.
4. Assasign material rumput>>klik object/bidang/layer rumput,kemudian klik assasign material to selection,kemudian klik show standard map in viewport.
5. Aturlah texture map rumput di rollout modifier>>uvw map. Untuk memberi kesan texture rumput,pake vray displacement mod di bagian rollout modifier>>Vray Dispalcement mod
6.Drag material path rumput dari material editor ke vray displacement mod rool out,isikan texture rumput tadi ke texturemap. Aturlah ketinggian dari rumput(amount) dan shift-nya,kemudian atur juga resolution dan precisionnya sesuai selera.
Ini pengaturan yang dipakai saya pakai, hasilnya seperti gambar disampingnya.
Kawan2 bisa trial n error untuk dapet hasil yg lebih bagus n real.Just keep try n don't give up.
Untuk cara membuat air maybe on the next post,c u soon
makasih Om...asik uy!!..hihi...blajar dikit...selaen buat rumput bisa juga buat texture planet2an yah..huhuhu..
ReplyDelete