Friday, April 17, 2009

Membuat material air dengan vray rendering

Kesempatan lagi buat posting tutorial, kali ini saya coba membuat material air, buat yang sudah pro vray mohon saran dan masukannnya,lets start....^_^

1. Kawan2 siapkan object yang akan diberi material air,kali ini saya buat sebuah bak/kolam yang berisi air. Berkan material untuk lantai kolamnya sesuai dengan selera,kali ini saya pake batu hijau.


2. Sekarang kita akan memberikan material airnya.klik standard buton>>vraymtl

3.Pada vray material editor,di kolom refraction,ubah warna pada refract dari hitam ke putih.OK,kemudian naikan subdivs menjadi 20, pada IOR,ubah nilai menjadi 1,3.



4. Setelah memberi kesan transparan,kita akan beri efek bergelombang dan efek refleksi (pantulan). Masih di Material Editor, pada rollout Maps, kilk box none pada bump, kemudian pilih noise. Aturlah noise sesuai dengan kondisi yg diinginkan, kali ini saya buat air dengan gelombang seperti di swimming pool, saya hanya merubah nilai pada size menjadi 3,5.

Setelah itu kembali ke editor sebelumnya (klik go to parent),sekarang pada box reflection kita beri falloff. Stelah memilih falloff kita akan masuk ke falloff setting,pada mix curve, pada curve,tambahkan point dengan klik add point dan klik point diarea seperti pada gambar,setelah itu klik kanan pada point,pilih bezier smooth. Sekarang kita geser point tersebut dengan meng-klik move dan drag point tersebut ke area seperti pada gambar, setelah itu klik go to parent dan aplikasikan material air dengan meng-klik assasign material to selection.



Hasil yang saya buat seperti gambar dibawah ini. semoga bermanfaat, Keep trying....^_^


4 comments:

  1. Tips yang akan sangat berguna bagi mereka yang masih bergerak dalam bidang rancang desain.
    Sayangnya saya tidak termasuk dalam lingkaran tersebut. Cheers..

    ReplyDelete
  2. tutorialnya sangat membantu..good luck,
    trims

    ReplyDelete
  3. tutorialnya sangat membantu,terimakasih :)

    ReplyDelete